Menu Close

PPID LAN

Membangun Kepercayaan Publik Dengan Kepedulian

JAKARTA – Dalam rangka pengembangan kapasitas Administrasi Negara melalui  Sharing Knowledge di lingkungan LAN, Kedeputian Inovasi  mengadakan kegiatan Public Lecture  untuk memberikan wawasan dan perbandingan praktek inovasi yang ada di Indonesia dan dunia.  Hal itu disampaikan Kepala Pusat Promosi Inovasi dan Pengembangan Kapasitas LAN Dr. P.M. Marpaung, M.Sc pada kegiatan Public Lecture di Kantor Pusat Lembaga Administrasi Negara, jalan Veteran No. 10, Jakarta Pusat, Rabu (15/10).

Pada kegiatan Public Lecture ini sebagai narasumber  adalah Septiana Dwi Putrianti, Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN yang menyampaikan paparan dengan judul “Building Trust  Towards Governance Innovation (Same Cases From Asean Countries)”, yang membahas tentang Case Studies inovasi pemerintahan diberbagai negara sebagai bahan perbandingan atau hal yang mungkin bisa dicontoh oleh pemerintah Indonesia.

 “Cara untuk membangun kepercayaan masyarakat melalui inovasi Tata Pemerintahan dengan memberikan nilai baru yaitu kepedulian (care)”, ujar Septiana. Kepedulian yang dimaksud adalah kepedulian terhadap kepentingan masyarakat yang direalisasikan dalam program-program kegiatan pemerintahan yang berbasis kebutuhan rakyat.

“Diharapkan orientasi pejabat pemerintah lebih kepada pemenuhan kebutuhan publik dibandingkan kebutuhan pribadi atau golongan”, lanjutnya.

Kegiatan Public Lecture ini dihadiri oleh Deputi Inovasi LAN Tri Widodo dan para pejabat eselon II dan pejabat fungsional tertentu LAN. Kegiatan presentasi dalam bahasa inggris ini didukung oleh proyek perubahan Kepala Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur. Selain itu didukung pula oleh proyek perubahan Kepala Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Kedeputian Inovasi LAN. Kegiatan ini direncanakan akan diadakan secara rutin setiap bulan. (fat/dan/humas)