ALUR PERMOHONAN INFORMASI

 

 

HAK – HAK PEMOHON INFORMASI

I. Berdasarkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Pemohon Informasi berhak untuk meminta seluruh informasi yang berada di  Badan Publik kecuali informasi yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi dapat :

  • Menghambat proses penegakan hukum
  • Menganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat
  • Membahayakan pertahanan dan keamanan Negara
  • Mengungkap kekayaan alam Indonesia; Merugikan ketahanan ekonomi nasional
  • Merugikan kepentingan hubungan luar negeri
  • Mengungkap isi akta otentik yang bersifat pribadi dan kemauan terakhir ataupun wasiat seseorang
  • Mengungkap rahasia pribadi
  • Memorandum atau surat-surat antar Badan Publik atau intra Badan Publik yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau Pengadilan
  • Informasi yang tidak boleh diungkapkan berdasarkan  Undang-undang.
  • Badan Publik juga dapat tidak memberikan informasi yang belum dikuasai atau didokumentasikan.

II. Pastikan anda mendapat tanda bukti permohonan informasi berupa nomor pendaftaran ke petugas informasi/PPID LAN. Bila tanda bukti permohonan informasi tidak diberikan, tanyakan kepada petugas informasi alasannya, mungkin permintaan informasi anda kurang lengkap.

III. Pemohon Informasi berhak mendapatkan pemberitahuan tertulis tentang diterima atau tidaknya permohonan informasi dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi oleh PPID LAN. PPID LAN dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis  1 x 7 hari kerja, dalam hal informasi yang diminta belum dikuasai/didokumentasikan/ belum dapat diputuskan apakah informasi yang diminta termasuk informasi yang dikecualikan atau tidak.

IV. Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan surat  keputusan Atasan PPID LAN

V. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan PPID LAN (misal: menolak permintaan Anda atau memberikan hanya sebagian yang diminta), maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada atasan PPID dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak permohonan informasi ditolak/ditemukannya alasan keberatan lainnya. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi selambat – lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterima/dicatatnya pengajuan keberatan dalam register keberatan.

VI. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Atasan PPID LAN, maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada Komisi Informasi dalam  jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID LAN oleh Pemohon Informasi Publik